Tempatnya bibit berkualitas, harga murah
0 itemsRp 0

Tidak ada produk di keranjang.

Santigi (Phempis acidula) untuk Bonsai

Source : bonsai-bci.com

SANTIGI (PHEMPIS ACIDULA)

adalah jenis tanaman dengan habitat asli tepi pantai berpasir atau karang laut, dengan bentuk daun kecil lonjong, berbunga putih dan biji dalam 1 kelopak bunga.
Menjadikan santigi untuk menjadi bahan bonsai memiliki tantangan tersendiri bagi pecinta bonsai.

Sebagian orang menganggap santigi sulit untuk dirawat, bahkan cenderung gampang mati. Ingat resiko mati untuk santigi yang berasal dari bahan dongkelan sangat besar karena itu bahan dongkelan memerlukan perlakuan khusus.

Tetapi jika sudah mengetahui cara merawatnya ternyata sangat mudah.
Bahan bonsai santigi selain dari dongkelan bisa juga dari cangkok dan biji.


A. Bahan dari dongkelan.

  • Untuk media tanam cukup sediakan pasir malang/laut yang kasar dicampur sekam padi. Untuk perbandingan 3 pasir : 1 sekam.
  • Letakkan ditempat yang teduh dan jika perlu disungkup, untuk sungkup cukup sebatas batang saja jangan sampai media.
  • Jika tidak disungkup semprot batang sesering mungkin kurang lebih 3-5 kali sehari untuk menjaga kelembaban batang.
  • Jika sudah keluar tunas baru dan sudah panjang keluar cabang baru, itu pertanda akar sudah mulai keluar dan bisa dipindah ketempat yang tersinari matahari, tapi jangan full matahari.
  • Perlu di ingat… jika tunas tumbuh tetapi tidak bercabang kemungkinan itu adalah pertumbuhan dari sisa2 kambium, biasanya jika seperti itu tiba2 santigi mati. Itu dikarenakan kambium sudah habis dan akar tidak tumbuh.
  • Jika masih ragu silahkan memakai perangsang kimia ZPT atau yang alami dengan mengoleskan bawang merah pada potongan akar.
  • Apabila mendapatkan bahan yang berasal dari pantai pasang surut dan bahan terendam air laut, siram bahan dengan air laut setiap hari sekali, selingi dengan menyiram air tawar. Perlakuan ini sampai anda yakin bahan sudah benar-benar hidup, dan kurangi penyiraman dengan air laut secara pertahap.


B. Bahan dari Cangkok.

Menanam bahan dari cangkok terbilang cukup mudah, siapkan media pasir malang dan sekam dan sedikit humus atau pupuk kandang dan masukkan bahan sekaligus media cangkok. Teduhkan sampai daun mulai segar dan panaskan secara bertahap.

C. Semai biji Santigi
 Menanam dari biji sebenarnya cukup menguji kesabaran, karena pertumbuhan semai santigi sangat lambat. Tapi justru ini yang menjadi tantangan tersendiri untuk pebonsai. Anda bisa mendapatkan biji santigi dengan cara memanen dari alam maupun beli dari pembudidaya santigi. Untuk memanen dari alam pilihlah buah santigi yang sudah tua, ciri-ciri buah yang sudah tua adalah kelopak buah sudah pecah dan kelihatan biji-bijinya yang bergerombol seperti puzle.